Minggu, 31 Juli 2011

    Mataram - Dompet Amal Sejahtera Ibnu Abbas Nusa Tenggara Barat (DASI NTB) bekerjasama dengan Ikatan Da'i Indonesia (IKADI NTB) dan Lombok Post mengadakan acara Tarhib Ramadhan. Kegiatan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan 1432 H ini dilaksanakan di Islamic Center Cakeranegara.
      Bertindak sebagai penceramah dalam tarhib tersebut KH. DR. Ahzami Samiun Jazuli MA, Pimpinan Yayasan Pendidikan Darul Hikmah Bekasi. Dalam ceramahnya, Ahzami mengatakan, Ramadhan adalah bulan tarbiyah atau bulan pendidikan. Yakni pendidikan yang didasarkan pada Al-qur'an."Setiap orang yang berinteraksi dengan Alqur'an pasti akan menjadi manusia yang bermanfaat," katanya dalam ceramahnya. 
        Dia mencontohkan Umar RA. Umar adalah manusia yang sangat bengis dan kejam sebelum berinteraksi dengan Al-qur'an. Dia juga yang paling getol memusuhi dakwah Islam. Bahkan dia pernah mengubur anaknnya hidup-hidup sebelum berinteraksi dengan Al-qur'an. "Namun setelah berinteraksi dengan Al-qur'an, hatinya yang begitu keras menjadi luluh. Ia kemudian senantiasa menjadi pendamping Rasulullah SAW dalam menyerukan kebajikan," tuturnya.
Ahzami menyampaikan, ada tiga pelajaran yang dapat diambil dari ''Universitas"Ramadhan. Pertama, kepekaan sosial. Dimana, Ramadhan mengajarkan untuk peke terhadap kondisi sekitar kita. Kedua, menjadikan Ramadhan sebagai bulan infak dan sedekah, karena pahala infak dan sedekah pada bulan ramadhan dilipatgandakan. Ketiga, dakwah. ''Ramadhan adalah bulan untuk mensy'arkan ajaran Islam, " katanya. 
Selain mengadakan tarhib ramdahan, juga ada launcihing Muallaf Community Foundation (MCF)   DASI NTB. MCF adalah wadah untuk para muallaf yang selama ini mendapat perhatian. 
Dalam MCF ini, para muallaf nantinya akan diberikan materi keislam-an dan bimbingan untuk melakukan ibadah secara benar (tri/*)

0 komentar :

Posting Komentar