Rabu, 20 Juli 2011

DASI NTB kembali di percaya menjadi panitia daerah oleh Dompet Dhuafa untuk program seleksi Sekolah Guru Ekselensia Indonesia (SGEI). Program SGEI ini bernaung di bawah divisi makmal pendidikan Lembaga Pengembangan Insasi. SGEI adalah sebuah program pemberdayaan bagi para sarjana (semua jurusan) yang ingin mengabdikan dirinya menjadi guru dan siap dididik selama 6 bulan di Parung, Bogor, Jawa Barat. Selesai mengikuti pendidikan selama 6 bulan harus bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia untuk menjadi guru di lembaga-lembaga pendidikan yang di kelola oleh Dompet dhuafa. Lama penempatan sekitar satu tahun penuh. Selama pendidikan di Bogor semua biaya (transportasi, akomodasi dan uang saku) sudah ditanggung oleh LPI, begitu penempatan dimulai para peserta akan diberikan insentif 2 juta-3,5 juta per bulan. Program SGEI ini akan mencari 35 orang sarjana dari seluruh Indonesia melalui jalur tes atau seleksi.
            Pada tanggal 19 Juli 2011 lalu DASI NTB menyelenggarakan seleksi SGEI di kampus FKIP Unram Gedung E untuk wilayah NTB. Para peserta yang berjumlah 34 orang hadir, mulai dari Bima sampai Lombok Barat. Mereka juga berlatar belakang berbagai disiplin  ilmu, ada dari pendidikan, hukum, teknik, agama dan sebagainya. Para peserta sangat  antusias mengikuti seleksi mulai dari awal sampai berakhirnya acara seleksi sekitar jam 17.30 wita. 
            Saat acara pembukaan dimulai, hadir Bapak Tarsito selaku wakil direktur DASI NTB, Mas Thantan Gumilar dari LPI Bogor, dan Bapak Abdul Hanan selaku PJ Seleksi SGEI DASI NTB. Dalam sambutannya mas Thantan mengatakan “seleksi SGEI di NTB sekarang ini adalah angkatan yang ke 3, untuk angkatan pertama dan kedua hanya dilaksanakan di beberpa kota saja. Karena SGEI mendapat respon yang baik, maka kita mencoba perluas jaringan ke NTB dengan harapan bisa melahirkan guru-guru ekselen yang siap mengabdi di daerahnya, tambahnya dengan nada tinggi. Tidak itu saja, alumni SGEI diharapkan juga akan bisa bersinergi dengan mitra Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia”. Dengan motto Guru Ekselen : Cerdas dan Inspiratif, SGEI tahun ini akan menggelar seleksi di 8 wilayah se Indonesia diantaranya :  JATIM, JABAR, Yogyakarta, Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Seletan, dan Sulawesi Selatan.
            Pada bagian terakhir, sambutan dari Bapak Tarsito menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada LPI Dompet Dhuafa yang telah memberikan kepercayaan kepada DASI NTB sebagai panitia daerah dalam seleksi SGEI angkatan ke 3 di Mataram. “Tidak itu saja, kami berharap dalam seleksi kali ini agar ada  yang lulus dari NTB”, tambahnya. Semoga ya Pak..! By AHYA             

0 komentar :

Posting Komentar